Hampir Selesai, Jembatan Musi IV Akan Percantik Kota Palembang

Topik Aktual. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Jembatan Musi IV. Proyek yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga tersebut hingga 26 Agustus 2018 telah mencapai 90,3%. Saat ini, hanya tersisa pekerjaan penyambungan bentang tengah jembatan.

Diharapkan, jembatan baru yang ditujukan untuk mengurangi beban lalu lintas Jembatan Ampera dan mendukung kelancaran mobilitas keluar masuk Metropolitan Palembang itu sudah bisa difungsikan pada akhir November 2018 yang akan datang.

“Infrastruktur jembatan, flyover dan underpass di samping memperlancar arus lalu lintas juga perlu dibuat indah dengan memasukan elemen budaya lokal sehingga bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan menambah estetika kota,” kata Basuki. Jembatan Musi IV merupakan jembatan tipe Cable Stay Extradosed dan PC U-Girder yang dibangun dengan biaya sebesar Rp 553 miliar. Memiliki total panjang 1.130 meter dengan panjang bentang utama 312,8 meter dan dilengkapi dengan jembatan penghubung dan jalan pendekat pada kedua sisi. Lebar jembatan 12 meter yang digunakan untuk bahu jalan dan dua lajur kendaraan.

Selain fungsi mendukung kelancaran mobilitas, aspek kualitas konstruksi dan keindahan jembatan pun sangat diperhatikan sehingga menambah kualitas wajah kota Palembang sebagai kota tepi air Sungai Musi yang dinamis dan legendaris. Salah satunya adalah dengan pemasangan ornamen singkar suku Paksangko yang merupakan perhiasan kepala khas Kerajaan Sriwijaya pada kedua tiang jembatan. Jembatan ini juga akan dilengkapi lampu artistik yang akan menambah indah lansekap dan arsitektur Kota Palembang di kala malam. Aspek keamanan jembatan menjadi prioritas utama melalui penerapan Structural Health Monitoring System (SHSM) untuk memonitor kesehatan jembatan dan mengirimkan informasi ke pusat data.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Deklarasi #2019GantiPresiden Dilarang Tapi Baliho #Jokowi2Periode Nggak Dilarang Tuh!

Pasti Selalu Ada Orang Orang Baik Disebelah Kita

Kembangkan Teknologi Baru, Boeing Ciptakan Pesawat Berpilot Tunggal